Search

Keep Update On @Hallomamika

Sunday 31 December 2017

Jaundice Pada Bayi


Jaundice atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kuning untuk bayi yang baru lahir, disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin dalam darah . Lebih jelasnya bisa dilihat di link ini Seperti biasa saya hanya share dari pengalaman saya saja .

Mikail lahir pada Rabu, 27 Juli 2016 jam 02.05 pagi, saat usia kehamilan saya 38minggu 2hari lewat persalinan normal, alhamdulillah . Proses IMD setelah mika lahir nggak berlangsung lancar . ASI saya nggak keluar, lebih tepatnya belum keluar .Disitu saya belum panik . Saya mulai agak takut saat mengASIhi mika di paginya, dan saya merasa yakin asi nggak keluar . Saya tanya suster, jawabannya "nanti juga keluar kok bu ." Oke, karna saya belum pernah nyusuin, saya percaya percaya aja .

Pas mulai malam, wih.. mika ngamuk terus, nggak bisa tidur . maunya digendong . mana malam pertama saya di RS sendirian loh, cuma ditemenin bibi . Bibi ga brani gendong, saya juga ga brani ngasih . Disitu saya bilang susterya, kl asi saya pasti nggak keluar . Mika pasti haus . Susternya langsung nawarin susu formula . Aduh, nggak tega . Masa saya nyerah gitu aja sih?

Akhirnya jam 5 pagi, mika dibawa suster buat mandi dan jemur . Saya disitu bukan tidur, tapi perah PD pakai tangan, sambil menangis . Iya, menangis . Saya takut saya tidak bisa kasih mika asi, tidak bisa menyusui . Itu saya benar" sampai capek dan akhirnya ketiduran . Tidak lama, jam 8 an, mika sudah di balikan ke saya . Cinta pertama saya sama siapa? Sepertinya sama anak mungil di depan saya itu . Pules banget tidurnya, saya juga jadi ikutan pules tidak lama kemudian .

Tapi namanya baru melahirkan, yang mau lihat juga banyak . Dari kemarin, banyak banget yang berkunjung ke RS mengucapkan selamat dan melihat mika . Untungnya kalau siang mika tidur . Kalau malam baru konser .

ASI saya akhirnya baru keluar di hari Jumat, jam 10 pagi setelah dipijat laktasi sama suster RS . Itu sakit nyaaaa, bukan main . sakit banget . tapi keluar deres banget . Di taruh digelas sampai 2 gelas se ukuran gelas aqua . Dan alhamdulillah kuning banget, yes that's what colostrum look like dear . I'm crying, again . Saya langsung nyusuin mika, dan alhamdulillah dengar "Gluk Gluk Gluk" pas mika minum, luar biasa, bahagia banget rasanya .




Hari itu waktunya mika keluar RS, sebelumnya, saya di kasih tau dokter anak yang menangani mika, mengenai kondisinya saat itu . Alhamdulillah normal, baik, sehat . Namun ada indikasi yang menjurus ke kuning . karena kadar bilirubin nya sudah diatas 10 . Disitu dokter nanya ke saya mau rawat lagi atau pulang . Keluarga menyarankan pulang . Walaupun hati saya dan suami ada rasa lebih baik stay dulu di RS . Ini anak pertama kami, dan kami jg benar" belum ada pengalaman dan pengetahuan menghadapi jaundice . Tapi akhirnya, mika dibawa pulang .

Sepanjang jalan pulang, ASI saya rembes . Basah sampai ke kursi mobil . dan mika ikut kuyup karena saya yang pangku di mobil . Sampai dirumah saya mandi . Segar banget walaupun masih ada ngilu sana sini .

Selama 3 hari dirumah, saya perhatikan mika makin kuning . kulit, mulut bahkan yang paling jelas terlihat di putih mata yang berubah menguning . saya tau mika kuning . jadi waktu kontrol di hari ke 6 usianya, saya lumayan menyiapkan diri untuk mika rawat . tapi pas hasil tes darah menunjukan bilirubin di 14,99 saya tetap menangis . saya memutuskan untuk ikut menginap di rs menemani mika . tidak mau pulang . malam pertama disana, saya ditemani sama mertua, karena ndilalah (bahasa jawa ini artinya kebetulan, haha) suami saya diare dan harus stay dirumah .
Mika 3 hari dirawat di Perina . Setiap 3-4 jam sekali sejak masuk rawat inap, saya pumping atau direct breastfeed . di hari pertama, mika tidak mau ditaruh di box bluelight . Saya peluk sambil duduk, kadang sambil DBF . saya yang ngeri ketiduran . kira" 5 jam saya pangku, gendong, dan menyusui mika bolak balik di perina pas hari pertama itu . Hari kedua setelah cek hasil lab, dokter memutuskan untuk menambah lampu jadi 4 . Sedih banget rasanya liat mika dijemur dibawah lampu panas . Kulitnya sampai hitam, kering dan mulai mengelupas . Sudah tidak ke hitung lagi berapa banyak mulut saya mengucap dzikrullah selama 3 hari disana .




Bilirubin mika waktu keluar Perina di hari ketiga, turun jadi 9,82 . Lampu hijau, sudah boleh pulang . Alhamdulillah dong .

Bilirubin Mika di usia 6 hari

Tapi, selama saya pantau dirumah, kuning nya masih ada . dan makin hari makin kuning . Kontrol lagi, dan pas cek darah, bilirubin naik lagi ke 16,99!!!! Langsung menangis . Disitu saya di temani suami . Jadi tidak se hancur waktu mika masuk perina pertama kalinya .

Akhirnya mika rawat lagi selama 3 hari, lagi . Pakai 4 lampu, lagi . Kulitnya makin mengelupas, dan warna putih di kulitnya sudah tidak bersisa . Kulit mika sudah berubah hitam hasil bluelight .

Hari kedua, ada test darah lanjutan, direct indirect . Hasilnya muncul keesokan harinya .

Bilirubin Mika di usia 11 hari

Dari hasil test direct indirect, disimpulkan bahwa mika mengalami BREASTMILK JAUNDICE . Yaitu kuning yang disebabkan oleh ASI . Ya Allah, apa asi saya salah? saya sudah berfikir aneh" banget . rasa takut muncul lagi . kayak menyalahi diri sendiri karena pernyataan dokter tadi . Dokter bilang BMJ itu langka, 1:1.000.000 dan emang belum ada yang tau penyebabnya . Trus kudu piye??

Dokter me resep kan puyer untuk menekan kadar bilirubin nya . Dalam hati kok ya bayi sekecil ini sudah harus kena obat . Tapi dokter bilang itu harus kalau saya masih mau melanjutkan mengASIhi dan tidak mau ganti ke susu formula .

Saya menurut kata dokter dan memberi mika puyer obat setiap harinya selama 10 hari . Lalu kami kembali kontrol .

Saat kontrol, dokter pun sama seperti saya, tau bahwa mika masih kuning tapa harus cek darah lagi . tapi selama keputusan saya untuk terus mengASIhi mika tidak berubah, mika dinyatakan akan tetap kuning hingga usia 2-3 bulan . Dan saya harus memantau keadaannya 24 jam dalam sehari . Saya insyaallah sanggup . Selama itu tidak sangat berbahaya untuk mika, saya tawakal dan ikhtiar untuk terus mengASIhi .

Yang harus saya waspadai adalah jika :
  • BAB berwarna ABU ABU (ini yang paling bahaya, menandakan hati pada bayi mengalami kerusakan akibat bilirubin yg tinggi)
  • Warna pipis pekat seperti teh mendekati coklat kehitaman
  • Warna putih di mata total berubah kuning
  • Bayi lemas
  • Bayi merengek kesakitan dan susah di tenang kan
Setiap hari, saya melihat mika masih kuning . Bahkan terkadang saat dibawah cahaya lampu atau saat ber jemur, matanya tidak ada warna putih, tapi kuning dengan bola hitam . Saya banyak takut, banyak sedih . Tapi bahagia karena anak saya aktif, ceria, minum susu kuat, dan saat ditimbang pada usia 2 bulan, BB nya naik drastis . Di usia 3 bulan, kuning nya sudah hilang . Saya sukses mengASIhi mika di 3 bulan pertamanya, tanpa susu formula . Alhamdulillah . Jangan pernah menyerah untuk memperjuangkan hak anak dalam mendapatkan ASI . Insyaallah pasti ada jalannya .




Dokter memang pakar di bidangnya, tapi seorang ibulah yang harus memutuskan . Oleh karena itu, banyak belajar sebelum mengambil suatu keputusan itu penting .

Semangat MengASIhi 

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont forget to follow @hallomamika

No comments:

Post a Comment