Search

Keep Update On @Hallomamika

Saturday 16 December 2017

Mood Makan Anak

Ngomongin mood makan anak, nggak jauh beda kok sama orang dewasa . Ada masanya lagi pengen makan terus, ada masanya sama skali males . Baby juga sama . Ini dari pngalaman saya ajasih . Wlpn anak saya baru usia 16 bulan, tapi karna saya ibu rumah tangga yg stay at home, jadi 24 jam shari saya tau mood mood nya dia .



Disaat anak lagi males makan, pastilah mamanya udah mulai worried, takut nutrisi hariannya nggak terpenuhi . Saya juga ngalamin kok anak mingkem nggak mau makan, selama 3hari cuma masuk biskuit regal 1 buletan sama juice" buah 🍪

Gerakan Tutup Mulut atau biasa disebut GTM, emang musuhnya emak emak deh . Saya pribadi kalo udah anaknya nggak mau makanan buatan saya, yha saja jajan . Burger to the rescue 🍔 Nggak bakal ditolak deh sama dia .

Banyak penyebab anak nggak mau makan, antaranya yha :

  • Sakit . Jangan paksa anak makan kalo emang kondisi fisiknya lagi ga enak . Karna ngaruh ke indra perasanya jg . Biasanya kalo udah minum obat, rasa sakitnya berkurang, udah mau makan lagi . Hindangkan yang enak dan tambahin bumbu untuk perkuat rasanya . Sedikit" berikan buah yg manis atau cemilan yg mereka suka .
  • Tumbuh Gigi . Nah, slama ini anak saya baru sekali GTM karna tumgi . Pas geraham mau muncul . Aduh itu udah demam, batuk pilek, radang, sariawan, sempet juga diare 2-3hari . Rasanya tuh nggak tega aja bawaannya kalo anak sakit yha . Stiap malem rewel karna sakit dibahian gusi yg mau numbuh gigi, laper tapi nggak bisa makan karna sakit itu . Solusinya? Saya yg makan banyak berlipat lipat, karna anak saya masih ASI . Nggak maksa dia makan . Tetep sediain makan, coba suapin, kalo nggak mau nggak apa apa . Saat udah membaik, kl laper pasti makan .
  • Kecape'an . Batesin waktu main anak . Disiplin sama waktu makan, istirahat dan tidur . Anak kalo udah kecapean, laper, jadinya cranky . Ujjng"nya tidur tapi nggak berkualitas karna laper . Mau makan, tapi ngantuk .
  • Bosan . Bisa bosan sama rasa atau tekstur makanan, bisa juga bosan sama lingkungan makan . Variasikan menu makannya, ganti" bumbu dan prohe utamanya . Sesekali makan makanan instan nggak dosa kok . Makan sambil jalan" di stroller atau anak dibiarin sambil main di playground juga sah sah aja . Slama bersih, sehat, nggak ngganggu orang lain, sgala cara boleh dicoba supaya anak mau makan .
  • Stress . Nah, anak juga bisa stress . Nggak cuma mamanya aja 😅 Stress pada anak bisa karna dia nggak merasa nyaman, aman dan bahagia . Banyak penyebabnya . Mika pernah stress karna saya marah sama papanya di depan dia . Ngaruh loh, jangan salah . Nada suara yang mereka dengar itu banyak pengaruh sama perasaan mereka . Jangan juga maksa anak buat makan, mandi, atau maksa untuk MAU sama orang lain . BIG NO deh yha kalo pemaksaan buat saya . Termasuk CHILD ABUSE loh itu, cuma banyak orang berfikir itu hal biasa .



Dalam beberapa kasus, mood makan anak bisa dibantu sama vitamin . Kayak madu, minyak ikan, curcuma . Tapi balik lagi ke cocok apa enggaknya sama si anak ini . Kl vitamin ngasihnya MAKSA, sama aja dong yang ada sia makin trauma dan makin nggak mau makan .

Buat saya, yang penting anak HAPPY . Karna kl moodnya bagus, mood untuk yang lain"nya jg ikut bagus . Termasuk makan dan istirahat jadi nurut dan oke oke aja .

Jangan juga bikin porsi wajib berapa banyak anak harus makan dalam sehari . Yah ampun kayak WAMIL . Nggak usahlah, kasihan anaknya . Apalagi sampe dipaksa mangap sambil didangakin atau dipegangin kuat" biar nelen . Aduuuuhh maaaakk, penyiksaan itu!!!

Intinya, mood anak itu BISA kita atur . Buat apa punya anak gendut tapi nggak happy? Sehat nggak cuma diliat dari badan gendut kok . Malah nggak semua gendut itu sehat . Anak happy, insyaallah sehat . Tapi jangan juga anak udah happy, nggak dikasih makan 😫

Be a smart mom 👩

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY

No comments:

Post a Comment