Search

Keep Update On @Hallomamika

Sunday 31 December 2017

Perawatan Jaundice Pada Bayi

Pengobatan paling efektif untuk bayi kuning adalah PHOTO THERAPY . Dilakukan di Rumah Sakit dengan Dokter dan Suster yang memantau 24 jam .


Foto terapi adalah pengobatan menggunakan sinar . Proses foto terapi bertujuan untuk menambahkan oksigen ke dalam darah, untuk memecah bilirubin sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh . Proses ini dinamakan OKSIDASI .

Ada 2 macam jenis foto terapi, yaitu :
  • Konvensional . Bayi diletakan didalam box lalu disinar dengan lampu halogen atau neon khusus . Jumlah lampu disesuaikan dengan keadaan bilirubin bayi . Biasanya dokter menambahkan jumlah lampu jika dirasa bilirubin sangat lambat turunnya .
  • Serat Optik . Bayi diletakan di dalam box diatas selimut yang terhubung dengan kabel serat optik . Cahaya dari kabel serat optik akan menyinari kulit bayi . Cara ini lebih cepat dari konvensional, karna faktor jarak cahaya yang mengenai kulit bayi .




Jika kadar Bilirubin pada bayi SANGAT TINGGI, dokter akan menganjurkan TRANSFUSI TUKAR . Yaitu menukar darah dalam tubuh bayi . Bayi akan dihubungkan dengan selang yang dapat mengeluarkan darah di dalam tubuhnya . Dan akan diganti menggunakan darah donor dengan kadar bilirubin yang baik / normal . Setelah 90-120menit, akan di cek lagi hasil bilirubinnya, jika normal berarti transfusi sukses dan bayi sudah tidak kuning . Jika kadar bilirubin tidak ada perubahan atau bahkan memburu, transfusi akan diulang .

IMUNOGLOBULIN INTRAVENA (IVIG) . Imunoglobulin adalah cairan antibodi berupa protein penghancur penyakit, yand didapatkan dari donor yang sehat . IVIG dilakukan jika Jaundice disebabkan oleh infeksi . Terapi ini adalah jalan terakhir jika fototerapy maupun transfusi tidak berhasil . IVIG dimasukan kedalam tubuh bayi, melalui pembuluh Vena .

Selama proses perawatan, ada hal yang tidak boleh dilupakan seorang ibu . MENYAYANGI dan MENYUSUI . Terus berada disamping bayi agar dia tau ibunya ada disampingnya, bisa mendengar detak jantung ibunya yang slama ini didengar dari dalam perut . Hal itu sangat menenangkan bayi . Tetap menyusui, karna ASI adalah cairan kehidupan paling hebat untuk bayi . Dan semakin banyak bayi minum, akan semakin banyak bilirubin yang keluar lewat BAB dan air pipisnya .

Semangat MengASIhi 

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont forget to follow @hallomamika

No comments:

Post a Comment