Search

Keep Update On @Hallomamika

Thursday 21 December 2017

DEMAM TYPHOID (TIFUS)



Demam typhoid atau yang lebih kita kenal dengan tifus, adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhosa . Bakteri ini ada di seluruh dunia . Penyebarannya melalui tinja, yang akhirnya masuk ke saluran pencernaan, biasanya lewat tangan yang kotor .

Ciri dari demam typhoid ini yaitu :

  • Demam tinggi dari 39° sampai 40 °C . Perlahan naik saat mulai malam hingga menjelang pagi .
  • Menggigil
  • Denyut jantung melemah
  • Lemah, tidak bersemangat atau lesu
  • Sakit kepala yang hebat pada malam hari, terutama di belakang kepala
  • Nyeri pada otot
  • Kehilangan nafsu makan
  • Konstipasi
  • Diare
  • Sakit perut
  • Pada beberapa kasus, muncul penyebaran flek merah muda atau disebut dengan ROSE SPOTS .

Yang saya BOLD merupakan ciri yang muncul saat anak saya terkena tifes . Saya akan menambahkan beberapa gejala lain yang saya alami dirasakan oleh anak saya .
  • Keringatan . Di udara terbuka maupun indoor dengan AC
  • Sangat rewel
  • Beberapa kali menangis tiba tiba
  • Tidak bisa tidur beberapa hari
Jika mengalami gejala diatas, harus langsung ke dokter dan melakukan Widal Test, yaitu pengecekan darah untuk memastikan terkena tipes atau tidak .


No comments:

Post a Comment