Search

Keep Update On @Hallomamika

Saturday 16 December 2017

Tahapan Pertama MPASI dan Persiapannya


MPASI jadi salah satu fase yang butuh kesabaran ekstra yha buat para orangtua, specially a mom . Dari excited banget belanja a-z sampe frustasi karna anaknya mingkem nggak mau makan sama sekali . Well, thats what we all go through 😥

MPASI sendiri ada banyak banget method dan aliran . Dari mulai aliran WHO, metode Spoon Feed, BLW dan Mix . Saya share dan pilih yang paling cocok aja sama Mika . Start MPASI di usianya yang ke-180 hari dan Mix Feeding . Awal " selalu saya suapin, tapi kadang Mika juga nyemil biskuit atau saya buatin Finger Food, dan dia makan sendiri . Yang penting cocok dan nyaman untuk ibu dan bayinya . Jangan karna ngikutin trend atau suruhan paksaan orang lain .


Keperluan MPASI yang saya beli sih lumayan banyak hehe, tapi yang penting"nya itu :
  • Slow Cooker : Saya beli Takahi 0,7L . Ini untuk bikin makanan Mika banget ini . Yang pertama saya beli .
  • Hand Blender : Saya beli Merk Little Giant . So Far berguna banget halusin makanan atau buat buat bikin puree .
  • Frying Pan + Spatula + Talenan + Pisau : Biar nggak kecampur sama alat dapurnya yang lain dirumah . Ntar ada lah bekas sambel dll dll waduh . Cari aman aja deh . Saya beli Frying Pan sama spatula yang anti lengket . Jadi aman + gampang bersihnya . Ini juga dkasih tau ke orang rumah, kl ini punya Mika . Jangan dpake masak .
  • Dish Dryer (optional): Buat ngeringin alat makan baby jangan di lap yha aduh . Kalo saya, di kepret" aja trus masuk dryer . At least aman dari bakteri dan cicak yang menjilat jilat .
  • High Chair : Buat Mika duduk . Buat saya penting banget ini . Awal saya sewa dua macam . Jadi sebelum beli, tau mana yang cocok dan mika betah . Walaupun akhirnya beli yang beda sama skali dari yang pernah disewa . High Chair BOLEH BANGET kalo beli yang mahal . Karna ada opsi safety nya . Kualitas deh kalo high chair . Jangan sampe beli yang ringkih (batas BB cuma 10 kg an) atau brand yang nggak jelas asal usulnya . Karna kita mempercayakan si HC ini untuk nggantiin kita 'handle' baby slama lagi makan . Saya sendiri beli yang Joie 6in1 High Chair . Ini bisa buat dari baby djadiin sunbathing, sampe nanti buat usia SD belajar . Nanti saya review di post lain .
  • Peralatan Makan : Piring, Mangkok, Sendok, Garpu, Gelas Minum . Saya beli" di Mothercare deh udah komplit . Udah jelas BPA Free dan ada range usianya juga .
  • Sikat Lidah : Bekas susu, bekas makanan, biar bersihin mulut baby jadi dia lebih nyaman dan indra perasanya tetep kejaga . Di case Mika, saya slalu rutin pagi sama malem sikat lidahnya biar bersih . Saya pake Baby HUKI yang dimasukin ke jari kita, trus disikatin ke lidah baby . Ini masih kepake sampe skrng, cuma saya ganti setiap udah 3bulanan .
  • BIBS (optional)
  • Sabun Cuci Peralatan Dapur : WAJIB . And pick the one without SLS and also BPA FREE .
  • Hand Wash + Hand Santizer : Kadang, ada masanya anak mau disuapin atau makan sendiri . Pastiin tangan bersih .
  • Bumbu Aromatic : Bumbu Dapur Fresh kayak bawang"an, Daun jeruk, Daun Salam, Sereh, Cengkeh, Jahe dll . Yang mau kasih Gula Garam silahkan, tapi Mika belum saya kasih dibawah 1 tahun .
  • Ice Cube / Botol / Kantong ASI + Ziplock : Sediain tempat untuk stocking kaldu, puree serta bahan makanan lainnya . Jadi kalo lagi urgent, bisa tinggal ambil yang udah jadi .
Di usia 5bulan, Mika udah bisa duduk walaupun masih disangga sama bantal ataupun sambil nyender . Di usia 165 hari, udah bisa duduk di Highchair . Nggak cuma usia yha yang jadi patokan baby udah siap MPASI . Tapi dari sikap dan tumbuh kembangnya juga . Kalo baby blm bisa duduk atau bahkan menegakan leher, yha jangan dipaksa duduk buat makan . Yang ada keselek dan malah jadi bahaya . Coba lihat gerak gerik babynya pas kita makan, ada lirikan" kepengen gitu? Atau menggapai-gapai makanan kita? Itu juga salah satu tanda siap untuk solid food .

Untuk anak yang sensitif alergi kayak Mika, pay more more more attention . Sabar sabar dalam ngasih icip makanan, dan diliat reaksinya . Ada reaksi yang langsung muncul, seperti gatal" atau kemerahan di kulit . Tapi ada reaksi lambat yang baru muncul beberapa jam atau bahkan beberapa hari kemudian . Seperti pilek, batuk berdahak yang akhirnya demam, dan susah pup atau malah diare . Insyaallah saya bahas di lain post mengenai alerginya Mika .




Tahapan MPASI pertama masmika, saya kasih berbagai macam buah, serelia, sayur dan protein . Semua saya sajikan dalam menu tunggal + lemak tambahan . Lemak tambahan fungsinya yha untuk nambahin lemak (bhaha) dan biar nggak sembelit . Kadang saya buatin menu dari 2 bahan, itu kalo saya udah yakin salah satu atau kedua bahannya aman tanpa resiko alergi . Ini berjalan selama 10 hari aja, karna saya langsung kasih menu 4* . Untuk camilan instant, saya udah kasih farley yha 6months . Karna lembut dan lumer banget di mulut . Nggak kesusahan Mika . Dan walaupun mengandung susu, Mika aman nggak ada efek alergi .

Always consult your baby pediatrician before give anything uncertain . Smua makanan instan, pasti ada bahan pengawetnya . Nggak mungkin nggak ada . Beberapa baby lebih sensitif dari baby lainnya . 


To a Mom, Be a Happy Cooks
HAPPY MOM HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont foget to follow our instagram @hallomamika for updates

No comments:

Post a Comment