Search

Keep Update On @Hallomamika

Wednesday 3 January 2018

Manfaat Kopi dan Teh Bubuk Untuk Mengatasi Jamur Pada Lidah Bayi

Kebahagiaan seorang ibu setelah melahirkan, adalah menyusui . Menyusui langsung memiliki berjuta manfaat dan pastinya kebahagiaan tersendiri . Salah satu manfaat dari Direct Breastfeeding yang tidak bisa dikalahkan dengan menyusui lewat dot adalah, bayi yang menyusu langsung jarang terkena jamur pada lidahnya .


Pernahkah mommies melihat warna keputihan yang membentuk bercak seperti pulau atau lapisan berwarna kuning pada lidah bayi? Ya, ini adalah jamur, lebih tepatnya Jamur Candida Moniliasis .

"Jika lapisan di dalam Mulut hanya berwarna putih tanpa ada bercak yang menyerupai pulau, itu hanya lapisan bekas susu ." jelas Dr. Aperita Adiyanti, SPa - DSa yang menangani Mika di Hermina Ciputat .

Karena beberapa hal, ada bayi yang tidak bisa menyusu langsung dengan ibunya . Seperti bayi yang lahir prematur dan harus masuk inkubator, atau bayi yang terlahir kuning dan harus dirawat foto therapy . Pastinya suster jaga akan memberikan asi melalui media lain . Dot - Cup Feeder - Sendok .

Jamur di lidah bayi muncul karena kurang dan tidak terjaganya kebersihan media yang masuk ke mulutnya . Dan jamur adalah spora yang susah mati, walaupun di dalam air mendidih sekalipun . Jika jamur sudah muncul pada lidah bayi, satu satunya yang bisa dilakukan adalah menghilangkan dengan obat khusus jamur .

Tapi ada langkah yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kemunculan si jamur ini selain menjaga kebersihan alat menyusuinya . Yaitu dengan rutin membasuh atau menyikat lidah dan daerah mulut bayi menggunakan teh dan kopi . Ada buktinya? Ada, anak saya :)

Seperti yang sudah saya ceritakan di post sebelumnya, saat newborn mika harus menjalani perawatan di Perina karena kuning . Dan terkadang diberikan ASI lewat cup feeder saat saya tidak disampingnya . Mungkin di beberapa RS ada sterilizer dan sangat dijaga kebersihan alat" untuk feeding newborn di perina . Tapi tidak berarti semua rumah sakit seperti itu . Jadi mommies harus tetap perhatikan kebersihannya .





Di rumah juga seperti itu . Semua alat harus bersih dah di sterilisasi sebelum menempel pada mulut bayi . Karena jamur amat sangat mudah tumbuh di peralatan yang lembab .

Mika pernah di usianya yang belum 2 bulan, lidahnya mulai menguning . ASI saya pikir . Tapi minumnya kok jadi agak rewel, dan suka menjulur julurkan lidah . Beberapa hari makin menguning dan saya bawa ke DSa setelah sebelumnya googling" yang membuat saya berfikir itu jamur .

Yap, itu jamur . Dan kemungkinan besar dari cup feeder atau dot nya . Padahal mika hanya minum susu dari botol, saat di RS saja . Sama saya selalu direct  breastfeeding . Tapi masih kena juga .

Sama dokter di resepkan obat tetes untuk jamurnya . Tapi sama saudara saya, dibilang untuk oleskan air bubuk teh dan kopi setiap hari . Awalnya saya bingung dan nggak mau macem" . Takut malah memperparah atau membuat mika sakit .

Tapi saya coba dulu ke diri saya, saya browsing" guna teh dan kopi beserta manfaat maupun efek negatifnya . Saya coba ke lidah saya 3-4 hari, dan memang mulut saya lidahnya jadi lebih bersih, yang tadinya ada sedikit putih putih hilang semua, bersih . Dan ada aroma khas teh dan kopi pastinya, tapi yang jelas mulut sama sekali nggak bau tidak enak .

Saya coba dong ke anak saya . Saya gunakan silicon brush untuk menyikat pelan lidah dan daerah sekitar mulutnya . Sebelumnya saya cuci bersih dan steril dulu brush nya . Lalu celupkan ke campuran bubuk kopi dan teh yang sudah diberi air hangat . 5 hari, hilang . Bersih . Menyusu lancar tidak kunyah" lagi . Alhamdulillah . Salep dari dokter saya tetap teteskan sampai menipis jamurnya di awal . Lalu dilanjutkan dengan menyikat mulut menggunakan air teh dan kopi ini . Setiap hari rutin, kalau lagi nggak malas sebenernya haha . Tapi setiap mulai seperti ada putih walaupun hanya lapisan susu, saya selalu sikat dengan air teh dan kopi ini .

Dan mika nggak pernah bau mulut . Bayi nggak mungkin bau mulut? Jangan salah, jamur dan kebersihan mulut sangat berpengaruh ke bau yang dikeluarkan loh . Makanya rutin membersihkan mulut bayi supaya mereka nyaman . Jamur di lidah juga pengaruhnya besar banget di nafsu makan saat usia MPASI . SANGAT BESAR pengaruhnya . Karena lapisan tebal yang ada di atas lidah, mempengaruhi tekstur dan rasa makanan .

Semangat MengASIhi 

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont forget to follow @hallomamika

4 comments:

  1. akan segera dipraktekkan. sama nih anakku juga putih2 melati alibaba mba lidahnya :( pengen deh kembali merah merah delima pinokio. tapi gapapa kan ya kalo dipraktekin ke anakku yng masih 8 mos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah baru baca . Mika dari 2 bulanan mbak pake teh sama kopi .

      Delete
  2. Mbak.. mau tanya dong, itu pake bubu teh dan kopinya gmn ya? Diseduh seperti klo kita bikin utk minum teh tapi tanopa gula bgtu kh?? Atau bgmn?? Trmksh sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah br kliatan commentnya . Maaf yha . Iya dicampur aja bubuk kopiteh nya, sedikit aja . Trus kasih air hangat . Tapi pas disikat dilidah jangan ada ampasnya .

      Delete