Search

Keep Update On @Hallomamika

Saturday 23 December 2017

FOREMILK dan HINDMILK

Foremilk : Lapisan yang berwarna nyaris bening
Hindmilk : Lapisan yang berwarna pekat

Pernah tidak bunda saat pumping, mendapatkan hasil ASIP yang seolah memisah kental dan cair? Anak yang menyusu walaupun banyak tapi seolah tidak kenyang? Atau sebaliknya baru menyusu sebentar lalu tidur lelap . Artikel ini saya akan membahas tentang 2 Lapisan pada ASI .

FOREMILK adalah ASI DEPAN, seperti namanya cairan ini keluar terlebih dahulu . Warnanya nyaris bening . Bagian ini keluar setelah masa kolostrum selesai . Foremilk kaya akan laktosa dan protein serta membantu menghilangkan rasa haus pada bayi karena tekstur nya yang ringan . Foremilk berfungsi untuk merangsang pertumbuhan otak, terutama pada 6 bulan pertama kehidupan anak . Foremilk pasti ada, dan biasanya jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan hindmilk .




HINDMILK adalah ASI BELAKANG . Dimana lemak yang membuat kenyang bayi berkumpul . Hindmilk berperan dalam pertumbuhan fisik bayi, berat dan tinggi badannya . Hindmilk bertekstur lebih kental dan pekat, sehingga mudah mengenyangkan .

Pernah mengalami BAB hijau pada bayi? Salah satu kemungkinannya adalah meminum terlalu banyak Foremilk dan terlalu sedikit Hindmilk . Dibawah ini adalah beberapa ciri bayi meminum Foremilk lebih banyak yang tidak diseimbangkan dengan Hindmilknya .

  • BAB berwarna kehijauan atau terdapat busa
  • Ruam pada daerah popok, karena asam yang tinggi dari foremilk
  • BB naik perlahan atau susah
  • Bayi rewel dan sering meminta menyusu, tidur tidak nyenyak karena lapar
  • Gumoh beberapa kali namun masih meminta menyusu

Bagaimana mengatasinya? Mudah kok . Semua kembali kepada ibu . ASI yang dikeluarkan adalah hasil dari asupan makanan ibu . Banyak makan makanan yang mengandung lemak seperti daging merah, ikan, kacang"an, avocado dan makanan yang mengandung omega-3 tinggi .

Seiring bertambahnya usia bayi, frekuensi menyusu akan semakin berkurang . Dan hindmilk akan semakin menumpuk di belakang karena bayi berhenti menyusu sebelum mencapai hindmilk . Ibu harus berusaha untuk konsisten memompa asi, karena produksi asi akan selalu SUPPLY ON DEMAND . Semakin sering dikeluarkan, akan semakin banyak . Begitu juga jika jarang dikeluarkan, awal-awal bisa bengkak karena kepenuhan, tapi lama-lama payudara akan menyesuaikan dan mengurangi produksi asi .

Sebenarnya, ASI hanya ada satu, ASI . Hanya saja kedua cairan ini keluarnya bergantian . Keduanya sama penting . Namun alangkah baiknya jika bayi bisa mendapatkan keduanya secara seimbang .

Selamat MengASIhi 


HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont forget to folow @hallomamika


No comments:

Post a Comment