Search

Keep Update On @Hallomamika

Saturday 16 December 2017

Baby Shopping List

|| Baby Shopping List Ala Mamika ||
Pengalaman kehamilan saya pertama, kebangetan santai . Yang saya pikirin cuma dimana nanti bersalinnya, sakit apa enggak, sama sibuk ngurusin belanjaan buat baby boy . Belanja A-Z yang saya kira perlu, padahal akhirnya nggak kepake . Dan sekitar itu aja . Sampe saya tuh lupa BELAJAR tentang AFTER GIVING BIRTH !! Enol banget pengetahuannya . And that was such a stupid mistakes . Ini beberapa hal yang saya akan inget kalo nanti diberi rejeki kehamilan kedua .

  • BE HONEST WITH YOUR HUSBAND . Pas masuk ruangan persiapan bersalin, saya gatau apa apa tentang periksa dalam . OMG sakit yha haha . banget. kayaknya dari sluruh proses persalinan, yang bikin saya trauma dan nyaris break down, itu yha tindakan periksa dalamnya itu . Ini penting yha, mengerti tentang tindakan ini, apa gunanya juga . Jadi tindakan periksa dalam ini dilakuin sama bidan/suster/dokter yha . Dengan cara memasukan jari ke miss V ibu hamil, untuk mengecek udah pembukaan keberapa . Sakit? BANGET laaahh . Thats why sbenernya penting banget berhubungan suami istri saat mendekati persalinan yha . Jadi si Miss V ini nggak kebangetan rapet gitu . Banyak suami istri malah gamau berhubungan saat wanitanya lagi pregnant, padahal di trimester akhir, penting banget . Ngebantu si cAlon ibu biar pas priksa dalem ga terlalu sadis *ooopps . Trus, waktu itu pas pembukaan 10 dan ktuban saya udah pecah, itu 1 TANGAN suster masuk smua dan saya udah kelojotan teriak" ksakitan . Duh kalo inget saat waktu pembukaan 10 dan di cek dalam, bener deh susah rasanya bilang pengen ngrasain lahiran lagi .
  • Banyak jalan + duduk goyang di bola yang membel . Ini ngaruh banget apalagi pas udah mulai pembukaan 1 . Lumayan ngurangin rasa sakit di pinggang dan kayaknya bikin si baby di dalem brasa dipijet jadi nyaman dan kalem dikit . Next, saya mau beli bolanya dan banyak senam dirumah .
  • PENGETAHUAN TENTANG ASI DAN PRINTILANNYA! Saya enol banget dan sok yakin kalo udah pasti asi bakal keluar . ternyata, ZERO . bayi saya ngamuk" karna asi saya nggak keluar" dan baru ngucur di hari ke tiga . Itu setelah dipijat bidan dan udah mau kluar RS . Karna kurang cairan, baby saya pun kuning . Jadi baru pulang 2 malam, langsung balik lg ke RS dan nginep dsana lagi buat rawat . Saya gangerti tentang pumping, breastfeed massage, booster asi . saya cuma makan sayur katuk . udah saya pikir itu cukup . ternyata enggak . Harus sabar karna puting hancur luka" gara" bayi yang marah asi nggak keluar . i almost had a baby blues .
  • Nggak ada Stroller atau Baby Bouncer untuk jemur baby . Ini lumayan salaaaahhh . Jadi kudu duduk di depan rumah sambil nggendong baby buat dijemur . Asli salah banget . Ga maksimal . Saya beli baby Box buat tidur baby yg sbenernya blm perlu" amat . Next saya bahas tentang Baby Box Vs Bouncer untuk newborn . Ini penting yha, kalo punya budget terbatas, better Bouncer drpd Baby Box . Gunanya banyak .
  • Pengetahuan ALERGI BAYI . Nah ini . Saya makan segalanya biar asi banyak, deres . Tapi saya nggak tau kalo baby saya alergi . Jadi nurut aja pas cuma dkasihin air zamzam . Tapi nggak ilang" lah penyebabnya dr yg saya makan . Seafoods, Dairy product, Eggs, ugghhh almost smua yang dulu saya pernah alergi, nurun ke baby saya .  Jadi saya makan yha daging dagingan + sayur stiap hari . membaik lah alhamdulillah .
  • GRUP SOSIAL IBU IBU SENASIB !! Nah saya ktinggalan banget nih . Saya baru joim di grup Pejuang Asi Indonesia cetusannya Dokter Ameetha Drupadi pas baby saya usia 2-3 bulan . Padahal penting banget ini grup . SMua pengetahuan bisa dicari disini . Langsung denger dari para ibu muda lainnya dan ada parah ahli juga yang bisa kita tanya" . Ini penting banget . sampe baby saya skarang mau usia 17 bulan, saya masih nangkring disini . Dan makin banyak kenalan + temen dari sini .



Intinya, banyak baca + belajar deh kalo udah mau hamil or mau melahirkan . Beneran banyak banyak blajar . Saya banyak blajar, tapi tenyata lebih banyak belanjanya hahhaa . Akhirnyapun baby Box cuma kepake sebentar, karna babynya bobok sama saya terus nempel DBF .

Pokoknya sesuaikan sama keperluan dan budget . Jangan sampai merongrong suami untuk hal yang gaperlu atau karna sedang trend dan nggak mau kalah gaya . All your baby needs is a capable MOM . Bayi nggak perlu ibu yang banyak gaya ataupun banyak tingkah (lah ngocol) . Mereka hanya perlu ibu yang ada untuk mereka dan siap mengurus mereka .

Semangat menjalani kehamilan dan menjadi ibu baru 
Semangat MengASIhi 

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY

dont forget to follow @hallomamika


No comments:

Post a Comment