Search

Keep Update On @Hallomamika

Sunday 31 December 2017

JAUNDICE | Physiological - Premature - RhABO - Breastmilk Jaundice


Jaundice adalah meningkatnya kada bilirubin dalam darah, pada minggu-minggu awal kelahiran .
Bilirubin adalah zat berwarna hasil dari pemecahan sel darah merah pada tubuh bayi .

Selama masa kehamilan, bayi mendapat nutrisi dari ibunya . Nah saat sudah dilahirkan, tubuh bayi memecah sel-sel darah merah slama masih di dalam kandungan . Bayi juga memiliki golongan darahnya sendiri, dan saat golongan darahnya berbeda dengan golongan darah ibu, sistem imunitas bayi menyerang sisa sel darah dari waktu di kandungan . Nah dari pemecahan sel darah merah itulah terbentuk bilirubin ini .
Karna fungsi hati bayi untuk memproses pelepasan bilirubin belum sempurna, maka kadang kadar bilirubin menjadi berlebihan dan menyebabkan Jaundice . Begitu kira-kira deh .




Ada beberapa macam Jaundice, diantaranya yang saya lumayan mengerti adalah :

  • Breastmilk Jaundice . Saya paling lumayan paham BMJ dari jaundice yang lain, karna saya mengalami sendiri . BMJ adalah Kuning yang disebabkan oleh ketidakcocokan salah satu zat yang terdapat di dalam ASI, pada tubuh bayi . Penyebabnya masih belum diketahui, dan sangat jarang terjadi . Kalau saya pribadi bertanya-tanya apa mungkin karna SAYA tidak pernah kena ASI, jadi anak saya kuning karna saya memberikan ASI? Logis nggak sih?
  • Premature . Bayi yang lahir lebih awal dari usia seharusnya . Organ"nya belum matang dan belum mampu melakukan tugasnya .
  • Physiological . Kuning Normal . Nyaris semua bayi mengalami kuning fisiologis . Malah saya pernah dengar, bahwa yang harus dipertanyakan adalah bayi yang 7hari awal kelahirannya tidak kuning sama sekali .
  • RhABO . Kuning yang disebabkan karna bayi memiliki golongan darah yang berbeda dengan ibunya . Seperti saya, golongan darah saya A+ dan Mika B+ . Awalnya saya kira mika ABO, ternyata ditambah dengan BMJ . Kuning Rh (sangat berat, karna imun pada tubuh ibu memecah sel darah merah pada tubuh bayi . Dan saat bayi lahir, bilirubin akan meningkat pesat karna ketidakcocokan ini . Tapi sudah beberapa waktu, masalah Rh bisa diatasi dengan injeksi imunoglobulin RH ke tubuh ibu .
  • Milk Delay . Bayi terlambat mendapatkan asi/susu formula .
  • Hipotiroidisme . Lebih teparnya Hipotiroidisme Kongenital . Terjadi karena kelenjar tiroid tidak aktif atau ada gangguan, sehingga tidak dapat memproses hormon tiroid . Hubungannya dengan metabolisme dan pemrosesan bilirubin di hati .
  • Crigler - Najjar Syndrome . Nah, ini bahaya menurut saya . Karna jaundice ini DITURUNKAN . Nggak pasti, tapi PASTI ada kemungkinan bayi yang baru lahir langsung terkena CNS ini . Crigler - Najjar adalah penemu syndrome ini . Syndrome ini SANGAT LANGKA . Jauh lebih langka dari BMJ .
  • Urinary Tract Infection . Infeksi Saluran Kemih . Infeksi menyerang bagian ginjal yang bertugas menangani bilirubin . Jadi, saat bayi mengalami ISK, ginjal tidak bekerja dengan baik dan mempengaruhi kadar bilirubin pada darah .
Bagaimana dengan perawatan atau pengobatan penyakit kuning pada bayi?
Silahkan klik disini .


No comments:

Post a Comment