Search

Keep Update On @Hallomamika

Monday 1 January 2018

Alergi Pada Bayi Baru Lahir

Menghadapi masalah alergi pada bayi baru lahir memang tidak mudah . Apalagi jika belum pernah menangani alergi pada bayi sebelumnya . Biasanya langsung panik dan maunya bawa ke rumah sakit .
MITOS kulit bayi tidak boleh terkena air susu karena akan menimbulkan iritasi, tidak sepenuhnya mitos . ASI adalah cairan kehidupan, diminum saja manfaatnya sangat banyak, tidak mungkin jika hanya terkena kulit menyebabkan iritasi . Yang benar adalah, kandungan dalam asi nya . ASI ibu nya mengandung zat yang memicu alergi pada bayi .

Mika lahir dengan kondisi alergi yang lumayan parah . 3 minggu pertama, kulitnya beruntus di pipi, dan ada ruam di popok . Saya belum tau kalau mika alergi dairy product, seafood dan hasil ruam di area diaper karena tidak cocok dengan popok . Setelah saya yang menyusui mika, stop makan seafood dan semua produk susu, beruntus di muka berangsur membaik . Setelah saya ganti popok dengan Clodi, dan oles dengan salep pilihan, ruam hilang .

Usia kira'kira sebulan, muncul putih-putih kasar seperti pulau di kulitnya . Bagian perut dan tangan . Diraba juga terasa kasar . DSa bilang itu jamur . Cukup dioles salep dokter dengan tambahan zinc, nanti hilang . Sudah seminggu lebih tidak ada perbaikan . Saya ganti sabun dan shampoo nya . Seminggu hilang . Mika tidak cocok dengan sabun shampoo yang mengandung SLS . Karena kulitnya yang masih sensitif .

Usia mika 2 bulan, baru kamar saya pasang AC . Sebelumnya mika banyak saya bawa tidur di kamar sebelah yang ada AC nya . Sempat batuk-batuk yang saya kira karena debu . Akhirnya saya panggil tukang sedot debu tungau sekalian bersihkan AC kamar . Malamnya langsung secara instant STOP batuk nya .

Banyak pastinya yang suka gemas sama bayi yha . Jadi suka cium sana tempel sini . Naaah, ini nih . Mika setiap dicium kena lipstick atau tempel pipi orang yang pakai bedak etc, langsung gatal, merah . Saya sampai sekarang usia mika 17 bulan, masih NO NO sama make up, kecuali wajib kalau pas ada occasion tertentu . Saya berani galak untuk tidak memperbolehkan manusia dengan make up kiss kiss tempel pipinya ke mika . Harus berani, kalau tidak kasihan anaknya .




Alergi udara panas . Sedikit aja gerah atau berkeringat, lehernya langsung keringat buntet . Pernah dulu ada yang suruh biar mika banyak gerak, dan sempat diajak jemur agak lama . Wih, macam udang rebus anak ogut . Tidak tega banget deh . Ini tidak simple atau sepele . Keringat buntet itu sakit loh . Harus diobati . Kalau dibiarkan, nantinya ruam dan makin banyak lalu jadi bengkak . Masuk deh ke kategori penyakit kulit . Keringat buntet harus dibersihkan dan dijaga supaya tidak lembab . Biasanya ada yang kasih bedak, tapi sebenarnya jangan, itu hanya menutup pori-pori kulit bayi, dan kalau tidak cocok, bisa jadi makin parah .

Mika juga tidak bisa terkena detergen dewasa atau detergen baby yang mengandung SLS . Sensitif banget, langsung merah merah dan gatal . Pada beberapa kasus, bayi dengan sensitivitas kulit yang tinggi, bisa drastis parah kondisi kulitnya walau cuma beberapa menit bersentuhan sama pemicu alerginya . Waspada ya mommies .

Ada beberapa kejadian dimana bayi baru lahir sudah mengalami asthma . Mayoritas karena faktor keturunan . Jarang ditemukan seseorang yang asthma bukan karena keturunan . Asthma termasuk dalam bentuk alergi, karena ada pemicu nya .

Masih banyak alergi lain yang seperti alergi serbuk bunga, bulu hewan, sampai ke tembok dan latex . Kuncinya adalah kenali hal yang tidak biasa pada bayi, dan segera bertindak jika dirasa itu mengganggu kenyamanan nya .

Semangat Mengayangi,
Semangat MengASIhi 

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont forget to follow @hallomamika

No comments:

Post a Comment