Search

Keep Update On @Hallomamika

Thursday 4 January 2018

BAB Hijau Setelah Melahirkan

Baru aja di GRUP Komunitas saya ada yang bertanya "Buibuk, saya baru melahirkan 2 hari lalu, kok sekarang BAB saya berwarna hijau dan tekstur nya seperti rumput ya . Normal tidak ya?"
Normal ya mommies . It happened to me too . Dan pada saat saya tanya ke suster, mereka jawabnya juga tidak tau . Why? Harusnya bisa menjawab pertanyaan sederhana dari pasien kan, apalagi yang baru saja melahirkan dan masih canggung sama semua hal baru yang terjadi sama badan sendiri .

Saya analisa sendiri saja . Beberapa jam setelah melahirkan (spontan), saya sarapan nasi, ayam dan sayur daun katuk . Tidak lama kemudian (maaf) langsung BAB dan warnanya hijau . Tekstur nya seperti rumput . Baunya seperti daun katuk . Disitu saya sebenarnya sudah yakin itu daun katuk kok, tapi saya ingin memastikan saja ke suster yang tidak dapat menjawab dan bingung .

Yang menenangkan justru suami saya . Kenapa saya pakai bilang 'justru' ? Karena suami saya sejak saya kontraksi hebat, banyak diamnya . Takut, jadi untuk support saya aja susah banget . Tapi setelah melahirkan, dan saya banyak ngeluh ini itu tentang sakit disini disitu, suami saya bilang "kamu itu baru melahirkan, pasti banyak sakitnya, tidak perlu terlalu khawatir, pasti baik baik aja kok ."

Rahim setelah melahirkan benar-benar sangat sensitif . Dan itu mempunyai efek juga ke seluruh sistem tubuh, termasuk pencernaan . Karena mayoritas di Indonesia instansi kesehatan memberikan sayur daun katuk kepada ibu yang baru saja melahirkan, dari situlah BAB hijaunya .

Pada diri saya, hanya 5 hari lalu normal kembali . Tapi pada saudara saya bisa sampai 2 minggu . Tergantung dengan masing-masing kondisi tubuhnya .




Jadi seperti perkataan suami saya, nggak perlu banyak khawatir, insyaallah semua akan baik-baik saja .

Semangat MengASIhi 

HAPPY MOMMIE HAPPY BABY HAPPY FAMILY
dont forget to follow @hallomamika

No comments:

Post a Comment